Advertisement

Home » , , , , » 7 Perbedaan HDD dan SSD yang belum kamu ketahui

7 Perbedaan HDD dan SSD yang belum kamu ketahui

Posted by Citra Informasi on Senin, 12 Maret 2018

 Kini, fungsi harddisk mulai tergeser mengingat biaya produksinya yang semakin murah dan harganya semakin terjangkau dan akan digantikan oleh SSD.
Berikut perbedaannya :
1. Teknologi yang semakin canggih

Hardisk menggunakan piringan / cakram / platter magnetik sebagai media penyimpanan data. Piringan ini diputar pada kecepatan tertentu untuk mendapatkan transfer rate yang stabil. Sehingga kondisi ini mengharuskan sistem berada pada kondisi yang juga stabil, bebas gangguan. 


Sedangkan SSD menggunakan media penyimpanan yang digunakan adalah berbentuk chip memori seperti pada RAM.

2. Kecepatan Read dan Write
Data bisa diakses secara langsung tanpa perlu mencari blok / sektor data seperti pada piringan. Hal itu memungkinkan SSD memiliki kecepatan read/write data hingga lebih dari 300MB per detik, sementara untuk hardisk paling tinggi berada di kisaran 90 MB per detik.

3. Fragmentasi Minimum
Masalah umum yang terjadi pada hardisk yaitu fragmentasi file ketika sebagian data dalam jumlah besar dihapus dari sistem.Karena menggunakan sistem sektor data, data menjadi tercampur aduk antara data satu dan lainnya sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengakses dan memilahnya.

Pada SSD, Fragmentasi lebih minim terjadi dan tidak bakal ada bad sector.

4. Data Lebih Aman
Pada HDD , data disimpan dalam bentuk sektor data. Jika terjadi kerusakan akibat kegagalan sumber data, HDD akan menjadi Bad sector. Sedangkan pada SSD terdapat sumber daya sementara sehingga jika terjadi kerusakan akibat kegagalan sumber maka SSD akan tetap aman

5. Ketahanan terhadap guncangan
HDD sangat rentan terhadap guncangan karena terdapat sistem yang bekerja secara mekanisme , sedangkan pada SSD tidak.

6. Daya lebih hemat
Didalam HDD terdapat perangkat motor spindle dan motor penggerak head baca/tulis. hal tersebut membuat daya terasa lebih banyak digunakan. Sedangkan pada SSD daya yang digunakan lebih hemat

7. Noise dan Getaran
 motor spindle yang berfungsi memutar platter berputar pada kecepatan tertentu. Biasanya 5400 rpm, 7200 rpm dan 10000 rpm yang tentu saja menyisakan suara dan getaran yang bisa kita rasakan. Sedangkan SSD bekerja secara senyap. Tanpa getaran dan noise.

Silahkan komentar jika ingin request sesuatu yang ingin anda ketahui

Thanks for reading & sharing Citra Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Like on Facebook