Advertisement

Home » , » Apa itu BTS? Sinyal susah? pakai ini nih

Apa itu BTS? Sinyal susah? pakai ini nih

Posted by Citra Informasi on Selasa, 20 Februari 2018



BTS = Base Transceiver Station . Apa sih itu? bagi anda yang rumah nya ketutupan sama gedung besar disekitar rumah, kemudian susah untuk mendapatkan sinyal di rumah. Mimin saranin untuk memasang bts ini.

BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.

BTS merupakan bagian dari base station subsystem (BSS) perkembangan untuk sistem manajemen. Ini juga mungkin memiliki peralatan untuk mengenkripsi dan mendekripsi komunikasi, spektrum penyaringan alat (band pass filter), dll antena juga dapat dipertimbangkan sebagai komponen dari BTS dalam arti umum sebagai mereka memfasilitasi fungsi BTS.

Biasanya BTS akan memiliki transceiver beberapa (TRXs) yang memungkinkan untuk melayani beberapa frekuensi yang berbeda dan berbagai sektor sel (dalam kasus BTS sectorised). Sebuah BTS dikendalikan oleh kontroler orangtua base station melalui fungsi base station kontrol (BCF). BCF ini dilaksanakan sebagai unit diskrit atau bahkan tergabung dalam TRX di BTS kompak. Para BCF menyediakan operasi dan pemeliharaan (O & M) koneksi dengan sistem manajemen jaringan (NMS), dan mengelola kondisi operasi dari TRX masing-masing, serta penanganan perangkat lunak dan koleksi alarm. Struktur dasar dan fungsi dari BTS tetap sama tanpa teknologi nirkabel.

BTS & handphone sama-sama disebut transceiver karena sifatnya yang sama-sama bisa mengirim informasi & menerima informasi. Dalam topologinya BTS berfungsi untuk menyediakan jaringan (interface) berupa sinyal radio gelembang elektromagnetik untuk penggunanya dalam hal ini adalah handphone, modem, fax dll.

Terdapat dua jenis BTS  yang dikenal, yaitu Indoor BTS dan Outdoor BTS.
Indoor BTS adalah BTS yang diletakkan di dalam ruangan, hal ini dilakukan karena di dalam ruang tidak bisa menerima jaringan BTS dari luar. Radius cakupan dari Indoor BTS anatara 10 sampai 200 meter, tergantung dari kondisi ruangan.

Outdoor BTS adalah BTS yang diletakkan di luar ruangan. Orang sering menyebut tower biasanya. BTS yang ditempatkan di menara tadi disebut Outdoor BTS atau BTS yang diletakkan di luar ruangan. Sebuah Outdoor BTS dapat menjangkau sampai pada radius 30 km jika tanpa halangan.

Silahkan komentar jika ingin request sesuatu yang ingin anda ketahui

Thanks for reading & sharing Citra Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Like on Facebook