Advertisement

Home » , , , » Cara Merakit Personal Computer (PC) - Easy!!

Cara Merakit Personal Computer (PC) - Easy!!

Posted by Citra Informasi on Sabtu, 03 Februari 2018

Langkah mudah Merakit Personal Computer sendiri dirumah tanpa biaya apa pun.

Peralatan yang dibutuhkan dalam merakit adalah sebagai berikut :
1. Obeng,
2. Tang,
3. AVO meter (bila ada), 
4. Solder, 
5. Timah solder, 
6. Isolasi, 
7. Tali pengikat kabel, 
8. Buku catatan.

Peringatan dari mimin nih : 
"Dalam merakit berhati hati lah jangan sampai ada kaki kaki atau pin komponen yang terbalik, atau pemasangan kabel yang terbalik. Karena akan berakibat fatal bagi komponen maupun peralatan yang lain."

Langkah-langkah merakit :
1. Pasang lah Power Supply agar tidak kesusahan saat memasukan mother board
2. Ambil Mother board dan letakkan ditempat yang  aman
3. Pasanglah processor pada slot yang ada di mother board , perhatikan lah tanda pada processor dan      tempat processor ,jika pemasangan tidak sesuai dengan bentuk wadah processor, maka processor        tidak akan masuk ,dan jangan dipaksa,periksalah bentuk processor dan wadah peletakannya ,jika        sudah tepat peletakannya ,jangan lupa mengunci processor dengan soket yang ada pada papan            motherboard ,setelah itu jangan lupa memasang Kipas pendingin processor. Dan Pasang lah kabel        power kipas pendingin pada mother board

 4. Setelah itu pasang lah Memori RAM ,perhatikan lah sudut Memori RAM biasanya ada pembatas         agar RAM dapat sesuai ,setelah sesuai jangan lupa menekan RAM dengan perlahaan hingga               bagian samping akan mengunci Ram dengan sendirinya.


5. Masukan mother board pada Casing/kotak komputer,setelah terpasang jangan lupa untuk                    mengunci motherboard dengan baut , pastikan setiap sudut telah dibaut agar tidak terjadi                      pergeserah saat memindah kan casing komputer
6. Pasanglah kabel yang menghubungkan power supply dengan Mother board,pastikan kabel                   terpasang dengan benar
7. Pasang lah Floppy drive , hard disk pada slot yang tersedia pada casing komputer, perhatikan              pemasanan agar floppy drive tidak terbalik ,jika sudah terpasang jangan lupa memasang kabel            power supply pada floppy drive dan hard disk sesuai dengan port pada floppy drive dan hard disk        ,jangan lupa membaut hard disk dan floppy drive agar tidak bergeser dari tempat nya.
8. Pasang lah CD ROM atau DVD ROM dan jangan lupa memperhatikan posisi CD ROM agar tidak           terbalik dan sambung kan dengan power supply dan membaut nya agar tidak bergeser.
9. Sambungkan kabel data pada hard disk ,floppy drive dan CD ROM , dan pastikan kabel data                  tersambung dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam penghidupan komputer.
10. Jika sudah pasang lah VGA card pada slot nya dan berhati-hati lah dalam pemasangan VGA card        agar pin pada VGA Card tidak rusak jika sudah ,perhatikanlah pada bagian VGA card,jika                  terdapat lubang baut ,mka bautkan lah agar tidak terlepas dari slot nya . dan pasang lah LAN card        agar komputer dapat terhubung dengan kabel LAN.
11. Setelah bagian motherboard terpasang , perhatikan kabel-kabel penghubung tombol power dan            tombol restart dan LED pada tombol power dan tombol Restart perhatikan pin-pin nya agar                tombol bekerja dengan benar.
12. Jika sudah maka coba lah untuk menghidupkan PC ,sambungkan kabel power pada stok kontak /        arus listrik dan jangan lupa menyambungkan alat input berupa mouse ,keyboard, speaker, dan            jangan lupa menyambungkan kabel monitor pada CPU , dan jangan lupa menyambung kabel                power monitor pada arus listrik .
13. Hidup kan lah PC yang dirakit dan perikasa lah masalah yang tampil pada monitor , dan                      pahamilah permasalahannya , jika masalah nya hard disk maka hard disk tersebut belum                      tersambung dengan benar .
14. Perhatikan lah kesalahan yang anda temukan tadi dan perbaikilah ,jika sudah maka ulangi lagi            dan cari lah kesalahan yang lain jika tidak ada ,maka pasang lah bagian casing dan baut pada              setiap sudut casing .

Silahkan komentar jika ingin request sesuatu yang ingin anda ketahui

Thanks for reading & sharing Citra Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Like on Facebook